Sunday, October 25, 2020

Ternak Ayam S128 Terpercaya

 

Strategi Untuk Memulihkan Bisnis Budidaya Ayam Bangkok Setelah Pandemi Corona

Strategi dalam mengelola bisnis memang bukan suatu hal yang mudah untuk dilakukan. Apalagi, dalam kondisi pandemi Covid-19 yang telah berdampak pada buruk pada perekonomian termasuk industri ternak ayam bangkok. Namun, seiring berjalannya waktu membuat adanya inovasi dan strategi yang dilakukan untuk tetap bertahan dari pandemi ini. Ada beberapa strategi yang bisa Anda lakukan untuk memulihkan bisnis ayam bangkok Anda selama pandemi Corona.
1.Evaluasi Bisnis Secara Berskala
Lakukan evaluasi rutin setiap bulannya dalam mengelola bisnis adalah langkah yang tepat agar mengerti jalannya kinerja. Ketika bisnis ayam bangkok mengalami penurunan, segera lakukan pengecekan dimana letak kesalahan atau hal yang terhambat selama pandemi agar permasalahan tersebut dapat diatasi dan tidak terjadi keterpurukan yang semakin jauh.
2. Mengandalkan Media Sosial
Di era sekarang yang serba digital sekarang ini, media sosial adalah salah satu yang efektif untuk meningkatkan kelencaran sebuah usaha. Hal ini juga berlaku pada usaha ayam bangkok Anda. Dimana disini Anda akan mendapatkan target pasar yang luas mulai dari semua kalangan atas dan bawah, baik yang tua bahkan muda hampir semua menggunakan internet seperti media sosial dalam kehidupan sehari-hari.
Jadi, Anda bisa gunakan media sosial sebagai alat promosi yang efektif untuk menyampaikan produk ayam bangkok Anda kepada konsumen. Ada banyak media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram dan e-commerce yang bisa dimanfaatkan sebagai alat promosi bisnis.
3. Memberikan Pelayanan Kepada Pelanggan dengan Maksimal
Hal yang paling penting dalam usaha adalah memiliki pelanggan. Semakin banyak pelanggan yang dimiliki maka bisnis usaha tersebut berada di pangsa pasar yang bagus. Agar Anda dapat tertarik dengan produk ayam bangkok Anda, bisa lakukan hadiah atau diskon pada pelanggan. Hal ini untuk meningkatkan loyalitas agar pelanggan Anda tidak berpindah ke usaha orang lain. Anda bisa menanyakan mengenai kepuasan mereka terhadap pelayanan dan produk yang mereka terima, dan dengarkan setiap masukan dari pelanggan Anda.
Jika hal ini dapat Anda terapkan, maka usaha bisnis ayam bangkok Anda akan membaik dengan seiring waktu. Hal ini tentu saja berbanding lurus dengan usaha Anda dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.
4. Efisiensi
Salah satu hal yang dapat dilakukan jika usaha ayam bangkok Anda berada di ambang kebangkrutan adalah melakukan efisiensi. Lakukan pengurangan biaya operasional bisa menyelamatkan kelangsungan bisnis ayam bangkok untuk masa yang akan datang. Belilah barang yang hanya diperlukan saja agar tidak membuang dana operasional secara sia-sia.
Cara lain juga dapat Anda lakukan seperti memangkas biaya lainnya seperti listrik, pengengeluaran dana untuk kesenangan karyawan seperti rekseasi atau memberhentikan sementara untuk memberikan bonus untuk karyawan.
5. Buatlah Business Plan
Untuk mengantisipasi dan dapat beradaptasi terhadap kemungkinan perubahan atau resiko yang akan terjadi bisnis ayam bangkok Anda, buatlah business plan yang baru yang berisikan strategi-strategi pemasaran, strategi pengeluaran (biaya operasional) dan sistem pemodalan. Jadi, Anda bisa meningkatkan bisnis ayam bangkok Anda ketika berada di kondisi keuangan yang sulit. Terapkan strategi bisnis digital marketing agar menghemat budget promosi dan memperluas jaringan target pasar bisnis ayam bangkok Anda.
6.Selalu Menjaga Kebersihan di Tempat Usaha
Ketika pandemi Covid-19 telah berakhir nantinya, namun tetap perlu menjaga kebersihan di tempat kandang ayam bangkok Anda. Karena langkah ini bertujuan untuk pencegahan yang tepat untuk mengurangi resiko terpapar virus corona. Dan dengan menjaga kebersihan juga akan mendukung kesuksesan usaha ayam bangkok Anda. Karena bila adanya resiko terkena virus corona hal terburuk yang akan terjadi adalah penutupan bisnis ayam bangkok Anda. Sehingga seluruh kegiatan transaksi jual-beli bisa terhambat.
7. Melihat Peluang baru
Saat pandemi Covid-19 terdapat pembatasan sosial yang mengakibatkan daya beli pelanggan Anda menjadi menurun, tapi masih ada kesempatan baru untuk tetap bisa berbisnis selama masa krisis ini berlangsung. Contohnya seperti untuk menghentikan sementara kegiatan jual beli yang biasanya dilakukan, agar menekan resiko penyebaran virus corona.
Dalam hal ini memang sulit sekali bertahan karena kerugian yang didapati dengan durasi yang cukup lama. Tetapi di masa sulit ada Anda bisa melihat adanya peluang yang memungkinkan agar bisa tetap berbisnis ayam bangkok, yaitu memanfaatkan e-commerce maupun marketplace. Anda tetapi bisa berjualan ayam bangkok dengan pelanggan Anda tanpa harus bertemu secara langsung. Dan tidak perlu membuka toko, sehingga dapat menekan biaya operasional.
Itu dia ulasan mengenai strategi untuk memulihkan bisnis budidaya ayam bangkok setelah pandemi corona, selama pandemi ini tentu telah mengalami kerugian besar dalam bisnis ayam bangkok. Namun, Anda bisa segera menaikkan profit Anda dengan menerapkan strategi yang tepat. Semoga bermanfaat!



No comments:

Post a Comment